Tips Seputar Printer dan Harga Printer

Cara Service Canon IP2770 dan MP258 Error B200

0

Cara service Canon IP2770 dan MP258 error B200 bisa kamu lakukan sendiri lho. Hai para pembaca ragamprinter.com. Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang permasalahan printer yang biasa terjadi pada Canon IP2770 dan Canon MP258. Berawal dari pengalaman pribadi, jadi dulu saya pernah menggunakan printer Canon IP2770, salah satu seri printer Canon yang cukup merakyat pokoknya. Lalu pada suatu hari muncul dialog Error B200 pada layar komputer. Karena waktu itu belum tahu banget tentang printer jadi langsung saja dibawa ke tukang service yang kebetulan berada disamping tempat saya. Kemudian ada juga teman saya yang mengalai hal yang sama dan bertanya pada saya waktu itu. Ya, karena dulu saya gak menangani langsung akhirnya saya penasaran juga dan mencari sebenarnya penyebab error B200 itu apa.

Awal mula terjadinya error B200 adalah masalah tegangan. Jadi ada ketidakstabilan bahkan penurunan supply tegangan yang menuju ke board printer. Atau bisa juga terjadi karena overheat atau kelebihan panas pada head printer dimana head printer tetap bekerja dalam keadaan tinta yang sudah habis sehingga suhu terus naik melebihi batas normal.

CARA SERVICE CANON IP2770 DAN MP258 ERROR B200

Berikut ini cara service Canon IP 2770 dan MP258 Error. Namun sebelum mulai mengotak-atik printer kamu, pastikan kamu tahu penyebab error secara pasti agar tidak salah langkah dan tentunya sudah tahu bagian-bagian yang ada pada printer.

  1. PENYEBAB: OVER VOLTAGE PADA HEAD PRINTER

Pertama- tama yang disebabkan karena over voltage pada head printer. Solusinya adalah sebagai berikut.

Mula-mula matikan printer terlebih dahulu, kemudian cabut semua kabel power dan kabel USB yang terhubung ke printer. Diamkan kira-kira satu jam dan nyalakan kembali. Cobalah mencetak satu dokumen, jika error masih muncul, bersihkan catridge warna dengan cairan pembersih menggunakan lap khusus atau tisu. Atau coba tekan tombol RESUME selama bebrapa detik lalu matikan printer dan hidupkan kembali dengan tetap menekan tombol POWER, lalu tekan tombol RESUME 5 kali dan lepaskan bersamaan dengan tombol POWER.

  1. PENYEBAB: KERUSAKAN PADA LOGIC BOARD

Yang kedua adalah jika disebabkan karena logic board. Solusinya dengan menggantinya dengan yang baru.

  1. PENYEBAB: KERUSAKAN PADA POWER SUPPLY

Yang ketiga ini jka disebabkan karena pada power supply. Jika masalah ada power supply maka yang harus dilakukan yatu mengganti power supply yang baru.

Jika kamu masih pemula dalam menangani printer, alangkah baiknya bawa printer bermasalah ke teknisi terdekat karena error B200 ini menyerang komponen yang cukup penting, bahkan mungkin kamu tidak tahu letaknya atau cara melepaskannya. Pastikan juga kamu mengetahui kerusakannya dengan bertanya pada teknisi agar kedepannya kamu tahu apa yang harus dilakukan jika mengalami masalah yang sama.

Baca Juga : Macam-Macam Printer dan Cara Kerjanya

Itulah tadi cara service Canon IP 2770 dan MP258 Error B200. Memang agak sulit untuk mengetahui pasti bagian mana yang bermasalah, jadi kamu harus benar-benar jeli saat mengecek komponenya satu-persatu. Intinya jangan sampai salah langkah ya guys, karena akan berefek pada kinerja printer kamu, bukannya tambah bener malah rusak.

Demikian artikel mengenai cara service Canon IP 2770 dan MP258 Error B200. Semoga dapat berguna dan menambah wawasanmu di dunia printer. jangan lupa untuk share artikel diatas melalui akun sosial media milikmu ya guys, semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.