Tips Seputar Printer dan Harga Printer

Daftar Kode Error Canon MP258 dan Cara Mengatasinya

0

Daftar kode error Canon MP258 dan cara mengatasinya – Printer Canon adalah salah satu brand yang banyak diminati di Indonesia. Kebanyakan orang memilih printer Canon karena harganya yang sangat terjangkau. Selain itu, hal yang banyak menjadi pertimbangan adalah performa printer yang bagus dengan dilengkapi fitur yang sangat lengkap.

Jika kamu merupakan pengguna printer Canon, pernah kamu mengalami printer error dan di layar komputer muncul pop up berupa kode error printer? Nah itulah yang saya sebut fitur lengkap. Canon memiliki kode untuk setiap kerusakan tertentu dan setiap kode tersebut juga dilengkapi cara mengatasinya.

DAFTAR KODE ERROR CANON MP258 DAN CARA MENGATASINYA

Kode error yang ada pada printer biasanya diawali dengan sebuah huruf dan diikuti dengan angka. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan share Daftar kode error Canon MP258 dan cara mengatasinya. Pada Canon MP258, kode error diawali dengan huruf P dan E. Contoh kode error dengan awalan huruf  P adalah P02, P03, P05, P06, P07, P08, P09, P15, P20 dan P22. Sedangkan kode error yang berawalan huruf E adalah E04, E05, E13, E14, E15 dan E16. Cukup banyak juga yah ternyata. Tapi jangan khawatir sob, karena saya akan membahasnya satu persatu beserta cara mengatasinya, check it out.

KODE ERROR BERAWALAN HURUF P

  1. Kode error P

Kode error yang satu ini biasanya selalu berhubungan dengan catridge. Mungkin karena tinta yang tidak keluar ataupun hal lain. Cara mengatasinya adalah pastikan roll printer dalam keadaan baik dan bersih serta tidak ada kertas yang tersangkut didalamnya. Kamu juga bisa membersihkan encodenya yang terkena tinta.

  1. Kode error P03

Kode error P03 atau Line Feed Error biasa terjadi karena Timing Desk yang kotor atau sudah rusak. Cara mengatasinya dengan mengecek Timing Desk Sensor yang ada di sebelah kiri printer, lalu cek dan bersihkan boardnya.

  1. Kode error P05

Error ini biasanya disebabkan karena pendeteksi kertas yang ada pada printer rusak. Error ini juga biasa disebut dengan ASF Sensor Error. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti salah satu komponen dari ASF/ PE sensor unit, Motor atau Board Printer Canon MP258.

  1. Kode error P06

Error P06 atau Internal Temperature error disebabkan karena adanya panas yang berlebihan pada printer. cara mengatasinya adalah dengan membersihkan bagian dalam printer dan ganti board printer.

  1. Kode error P07

Error P07 atau Ink Absorber Full disebabkan karena Ink Counter Full. Cara mengatasinya adalah dengan mereset printer dengan menggunakan software tambahan.

Daftar Harga Printer Canon dibawah 1 Jutaan

  1. Kode error P08

Error ini bisa juga disebut dengan Print Head Temperature Rise Error. Penyebabnya adalah head yang terlalu panas dan melebihi rata-rata, biasanya terjadi di catridge warna. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti catridge warna printer.

  1. Kode error P09

Error P09 biasa disebut EEPROM Error yang disebabkan karena EEPROM board mengalami corrupt. Solusinya adalah dengan mengganti broad printer.

  1. Kode error P15

Biasa disebut USB VBUS Over Curent, penyebabnya adalah printer mengalami kelebihan arus dari kabel USB printer. Solusinya adalah dengan mengganti kabel USB, jika masih error maka cobalah untuk ganti broad printer.

  1. Kode error P20

Biasanya disebut juga dengan Other Hardware error. Penyebabnya adalah adanya kerusakan pada hardware lain. Solusinya adalah dengan mengganti board printer.

  1. Kode error P22

Error P22 atau Scanner Error disebabkan dengan adanya Scanner yang tidak berfungsi. Solusinya adalah dengan mengganti scanner dan/atau board printer.

Daftar Kode Error Canon Mp258 dan Cara Mengatasinya

KODE ERROR BERAWALAH HURUF E

  1. Kode error E04

Error yang satu ini disebabkan karena catridge yang tidak terpasang dengan baik. Solusinya adalah dengan melepas catridge, lalu dipasang kembali.

  1. Kode error E05

Penyebabnya adalah catridge tidak terpasang dengan baik, ataupun adanya catridge yang mengalami kerusakan. Solusinya dengan melepas catridge lalu dipasang kembali, jika masih error maka ganti catridge yang rusak.

  1. Kode error E14 dan E15

Penyebabnya adalah catridge yang tidak terpasang dengan baik pula. Solusinya pun sama, yaitu lepas catridge dan pasang lagi.

  1. Kode error E13 dan E16

Penyebabnya adalah adanya Ink Has Run Out/ Cartridge yang harus direset. Solusinya adalah dengan menekan tombol Stop selama kurang lebih 5-15 detik, lalu tunggu hingga LED Display memulai proses.

Wah, cukup banyak ternyata. Tapi tenang saja sob, karena tiap error diatas sudah ada cara mengatasinya, jadi kamu tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu mengalami salah satu error seperti diatas.

Demikian artikel tentang daftar kode error Canon MP258 dan cara mengatasinya. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan semoga membantu.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.