Tips Seputar Printer dan Harga Printer

Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix

0

Kelebihan dan kekurangan printer dot matrix, Apakah kamu tahu tentang printer dot matrix? Sebenarnya printer dot matrix juga sama saja seperti printer yang lainnya yaitu memiliki fungsi untuk mencetak. Tapi printer ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan printer yang sering kamu lihat. Printer ini menggunakan pita sebagai komponen pencetaknya. Jadi ingat sama mesin ketik manual ya sob? Printer dot matrix ini juga hanya memiliki satu warna saja dan hasil output yang agak kasar.

Prinsip printer dot matrix ini memang mengadaptasi dari mesin ketik manual dan cetakan langsung dirangkap dengan karbon. Karena masih menggunakan pita, printer jenis ini juga hanya bisa menghasilkan satu warna saja sesuai dengan pitanya, misalnya warna hitam, biru atau merah saja. Resolusi hasil cetak juga masih dibawah standar, jika kamu melihat hasil cetakan printer ini, maka akan terlihat titik-titik yang saling berhubungan membentuk sebuah karakter. Kecepatan printer dot matrix diukur dari jumlah karakter yang bisa tercetak dalam satu detik atau menggunakan satuan cps (character per second).

Printer dot matrix biasanya masih menggunakan head printer yang berupa kumpulan jarum yang berjumlah 8, 9 atau 24 buah dan tersusun vertical membentuk suatu kolom. Jika printer akan mencetak dokumen, jarum akan langsung membentuk karakter, lalu terjadi gesekan dengan pita, kemudian karakter pun terbentuk diatas kertas. Intinya sih prinsip kerja printer ini masih sangat sederhana.

Walaupun terbilang printer yang kuno, ternyata printer ini masih tetap diproduksi loh sob. biasanya jenis printer ini digunakan untuk mencetak nota di perusahaan jual beli barang atau perusahaan lainnya. So, untuk lebih jelasnya, yuk langsng saja simak kelebihan dan kekurangan printer dot matrix dibawah ini.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PRINTER DOT MATRIX

Berikut ini merupakan penjelasan ringkas mengenai printer dot matrix, yang meliputi kelebihan printer dan juga kekurangan printer yang di miliki untuk jenis dot matrix.

KELEBIHAN PRINTER DOT MATRIX

  1. Kelebihan printer dot matrix yang pertama adalah harga pita yang jauh lebih murah dibandingkan dengan toner atau tinta untuk printer jenis inkjet atau laser jet.
  2. Jenis printer dot matrix juga sangat bervariasi, ada yang menghasilkan cetakan warna maupun hitam putih.
  3. Printer ini juga dapat mencetak rangkap sekaligus, biasanya berguna untuk dokumen yang akan dilampirkan.
  4. Selain itu, printer jenis ini juga dapat mencetak di kertas yang ukurannya lebar.

kelebihan dan kekurangan printer dot matrix

KEKURANGAN PRINTER DOT MATRIX

  1. Kekurangan dari printer dot matrix adalah resolusi cetak yang masih sangat rendah.
  2. Suara printer ini juga agak kasar, tidak seperti printer inkjet atau laser jet yang cenderung halus.
  3. Kualitas mencetak gambarnya masih sangat kurang karena masih menggunakan metode gesekan jarum pada pita.
  4. Gerakannya yang masih tergolong lambat.
  5. Warna yang dihasilkan juga masih monoton, tidak bervariasi.
  6. Terbilang masih kuno untuk perkembangan jaman yang seperti sekarang.

Lihat juga : Kerusakan yang biasa terjadi pada printer

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan printer dot matrix. Mungkin lebih banyak kekurangannya ya, tapi tetap saja penggunaan printer tentunya tergantung kebutuhan sehari-hari, makannya printer jenis ini masih diproduksi karena masih banyak bidang yang membutuhkannya, harganya juga sangat murah sehingga cocok untuk perusahaan kecil bahkan menengah. Bahkan beberapa Bank juga masih menggunakan printer dot matrix untuk mencetak resi pembayaran, tujuannya tentu untuk efektifitas karena printer ini bisa mencetak dokumen rangkap sekaligus. Kini sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan printer dot matrix ini?

Demikian artikel mengenai kelebihan dan kekurangan printer dot matrix. Semoga atikel diatas dapat menambah wawasanmu mengenai printer ya sob. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.