Tips Seputar Printer dan Harga Printer

Kerusakan yang Biasa Terjadi pada Printer

0

Kerusakan yang biasa terjadi pada printer – Printer merupakan salah satu perangkat elektronik yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan dikehidupan manusia modern. Fungsinya sebagai mesin cetak sering dimanfaatkan manusia dalam mencetak dokumen, foto, laporan dan lain-lain. Karena dibutuhkan hampir semua kalangan, tentu banyak orang yang memilih membeli printer untuk kebutuhan sehari-hari.

Bagi sebagian orang yang sering berkutat dengan dunia digital mungkin sudah hafal jika sewaktu-waktu printer mengalami error. Namun bagi yang masih pemula dan baru pertama kali memiliki printer pasti akan langsung panik jika printer tiba-tiba error. Bahkan mungkin karena belum tahu, printer akan langsung dibawa ke tukang service.

KERUSAKAN YANG BIASA TERJADI PADA PRINTER

Printer merupakan mesin yang tidak dapat dipungkiri akan mengalami error pada saat-saat tertentu. Nah, kalau kamu termasuk pengguna printer pemula, alangkah lebih baiknya kamu harus memahami kerusakan yang biasa terjadi pada printer dan cara mengatasinya. Untuk lebih lengkapnya yuk langsung simak saja ulasannya dibawah ini.

  1. PAPER JAM

Masalah yang satu ini pasti sering sekali ditemui. Yup, paper jam atau kertas macet di dalam printer pasti sangat menjengkelkan bukan apalagi jika kita sedang buru-buru mencetak dokumen untuk kebutuhan tertentu. Penyebab paper jam adalah printer yang kotor, penempatan kertas miring, kertas tidak sesuai atau roller yang rusak. Cara mengatasinya tentu kamu harus rajin membersihkan printer dari kotoran, memperbaiki roller yang rusak dan pastikan kamu menempatkan kertas dengan pas. Jika sudah terlanjur tersangkut, hal yang harus kamu lakukan adalah tarik perlahan kertas ke arah keluarnya kertas, jika kamu menarik kebelakang tentu akan merusak printer.

Cara Mengatasi Printer Canon ip2770 Error 5B00

  1. MENARIK SEMUA KERTAS DARI PAPER TRAY

Masalah ini juga cukup sering terjadi saat menggunakan printer. Jika kamu meletakkan sejumlah kertas di printer, saat kamu mencetak semua kertas akan ikut tertarik. Dengan begitu kamu akan capek bolak-balik meletakkan kertas satu persatu bukan? biasanya masalah ini terjadi karena komponen pad yang sudah rusak. Pad ini berfungsi untuk memisahkan kertas saat mencetak banyak dokumen. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti pad ke tukang service.

  1. PRINTER TIDAK MAMPU MELOAD KERTAS

Biasanya masalah ini terjadi karena roller sudah terlalu tipis dan tidak bisa menarik kertas. Penyebab lainnya bisa karena terdapat kotoran yang mengganjal seperti potongan kertas atau yang lainnya. Cara mengatasinya yaitu dengan mengeceknya terlebih dahulu, jika ternyata tidak ada kotoran, bisa jadi karena roller yang sudah harus diganti.

  1. MESIN PRINTER MENCETAK TERLALU LAMBAT

Bagi kamu yang mengalami masalha printer bekerja terlalu lambat, mungkin masalahnya ada di setting saat mencetak. Jika setting quality menjadi High, tentu printer akan mencetak dokumen dengan lambat walaupun hanya satu halaman saja. Cara mengatasinya yaitu dengan menggani quality. Caranya saat kamu akan mengeprint tentu akan muncul dialog seperti berikut, cara mengganti quality yaitu dengan klik quality dan diubah ke standard.

  1. PRINTER TIDAK MENYALA

Jika kamu menemui masalah printer tidak menyala, yang harus kamu lakukan adalah mengecek kabel printer yang menghubungkan dengan terminal aliran listrik, pastikan kabel tidak terpasang kendur. Jika kabel sudah terpasang dengan pas namun printer tetap tidak menyala, mungkin masalah ada pada kabel printer kamu.

  1. HASIL CETAKAN ANDA TERLALU TERANG/ BERGARIS

Jika hasil cetakan terlalu terang atau bahkan bergaris, mungkin masalah berada pada printer head. Caranya kamu bisa melakukan proses cleaning pada printer. Caranya klik Start – Devices and printers, lalu pilih jenis printer yang kamu gunakan.kemudian pada Maintenance, klik pada pilihan Cleaning.

Lakukan terus menerus hingga hasil cetakan normal kembali, cara mengeceknya dengan klik pilihan Nozzle check pada Maintenance tadi.

Jika sudah dicleaning tapi tidak membuahkan hasil, mungkin masalah ada pada catride yang sudah harus diganti.

  1. PRINTER WIRELESS BEKERJA SANGAT LAMBAT

Bagi kamu yang menggunakan printer yang dilengkapi teknologi wireless mungkin pernah mengalami kinerja printer yang sangat lambat. Karena menggunakan jaringan Ethernet yang berhubungan dengan sinyal, bisa jadi penyebabnya adalah sinyal yang terganggu. Untuk mengatasinya tentu dengan mendekatkan jarak printer dengan router. Jangan lupa juga untuk pastikan printer atau server cetak wireless terhubung dan  mendukung spec 802.11n.

Itulah tadi kerusakan yang biasa terjadi pada printer. Sebelum membawanya ke tukang service tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui penyebab kerusakannya terlebih dahulu. Jika mengatasinya sendiri tenu bisa lebih hemat bukan?

Demikian artikel mengenai kerusakan yang biasa terjadi pada printer. semoga dapat membantu permasalahan printermu ya sob. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.