Tips Seputar Printer dan Harga Printer

Macam-Macam Printer dan Cara Kerjanya

0

Printer adalah perangkat keras atau hardware yang berfungsi untuk mencetak  dokumen, gambar, maupun  foto pada kertas atau media yang lain. Tentu kamu sudah sering melihatnya bukan? Baik di kantor, sekolah bahkan dirumah teman. Mungkin yang sering kita lihat adalah jenis printer yang itu-itu saja. Bahkan kita merasa semua printer itu sama. Namun nyatanya ada jenis atau macam-macam printer beserta cara kerjanya pun berbeda-beda.

Eits, tahukah kamu? Ternyata printer ada banyak macamnya. Cara kerjanya pun berbeda-beda di tiap jenis printer. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai macam-macam printer dan cara kerjanya. Untuk lebih detailnya, kamu bisa simak penjelasannya berikut ini.

MACAMMACAM PRINTER DAN CARA KERJANYA

macam-macam printer dan cara kerjanya

Berikut ini macam macam printer berdasarkan cara kerjanya, sebenarnya sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis printer yang beredar di pasaran, namun secara umum ada 4 jenis printer yang sering kita temui di banyak lokasi.

  1. PRINTER DOT MATRIX

Printer jenis yang pertama adalah Dot Matrix. Seperti namanya, printer ini mencetak dengan menggunakan beberapa jarum atau pin kecil. Karena menggunakan jarum yang sangat kecil, hal cetakan dari printer dot matrix ini berasal dari pergerakan jarum tadi.

jenis printer printer dot matrix

Cara Kerja:

Head dari printer Dot Matrix terdiri dari 7, 9 atau 24 buah jarum yang tersusun secara vertical sehingga dan membentuk kolom. Saat proses print berjalan, jarum akan membentuk karakter melalui gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer ini merupakan character printer. Kecepatannya yang dihasilkan juga sangat bervariasi, untuk Epson LX-80 mencapai 80 karakter per detik. Ketika head printer bergerak sambil mengenai kertas, karakter yang sudah terpola akan muncul. Pola tersebut lalu diterima oleh pita karbon dan karakter pun terbentuk satu persatu. Setiap karakter yang terbentuk akan menimbulkan pola yang terdiri dari titik didalam dimensi matrix. Jenis printer dot matrix ini sangat bervariasi, ada yang berjenis color dan ada juga yang non-color. Pada umumnya printer ini memiliki satu warna saja yaitu hitam. Untuk printer color, digunakan pita khusus yang memiliki 4 warna (hitam, biru, merah dan kuning).

  1. PRINTER INKJET

Dilihat dari namanya saja tentu kita tahu bahwa printer ini menggunakan tinta (ink) cair dalam mencetak dokumen atau gambar. Printer inkjet adalah jenis printer yang paling banyak ditemui disekitar kita.

jenis printer inkjet

Cara Kerja:

Untuk cara kerja printer inkjet mungkin kamu pernah melihatnya saat tutup bagian atas printer dibuka. Printer ini dibekali dengan teknologi dot on demand, yaitu printer akan menyemprotkan titik kecil tinta pada kertas melalui lubang pipa yang ukurannya sangat kecil. Teknologi printer lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer yaitu menggunakan energi panas. Mekanismenya yaitu panas yang dihasilkan dapat membuat gelembung tinta, maka semakin panas suhunya, semakin kuat tinta tertekan ke nozzle atau lubang pipa yang ditentukan dan tercetak pada kertas.

  1. PRINTER LASER JET

jenis printer laser jet

Jenis printer yang satu ini dibilang sebagai jenis printer yang memiliki hasil cetakan paling bagus diantara printer yang lain. Printer laser jet menggunakan jenis tinta bubuk atau biasa disebut dengan toner. Printer ini dibekali dengan teknologi infrared dalam cara kerjanya.

Cara Kerja:

  • Kawat corona akan menghantarkan arus listrik statis dan membuat photo conductor menjadi bermuatan positif.
  • Unit laser atau exposition akan menyorotkan sinar pada permukaan photo conductor
  • Laser membentuk karakter yang akan dicetak sebagai pola muatan listrik.
  • Toner ditaburkan pada photo conductor. Toner bermuatan positif, sehingga menempel pada area dengan muatan negatif pada photo conductor.
  • Kertas masuk dari baki photo conductor. Kertas ini nantinya bermuatan negatif dan muatannya lebih besar dari citra listrik statis.
  • Kertas akan berputar menyesuaikan perputaran photo conductor, lalu kertas menyalin informasi yang ada pada photo conductor.
  • Kertas melewati fuser dan mengakibatkan serbuk toner meleleh dan menempel pada serat kertas.
  • Kertas keluar dari lubang output
  1. PRINTER THERMAL

jenis printer thermal

Cara kerja printer thermal menggunakan panas untuk mencetak diatas kertas, bukan cartridge tinta yang biasa digunakan oleh printer jenis lainnya. Dengan teknologi ini, membuat thermal printer tidak bising (bahkan beberapa thermal printer tidak mengeluarkan suara). Printer ini juga dapat mencetak sangat cepat karena tidak menggunakan pin-pin seperti pada dot matrix printer. Printer ini memiliki harga yang lebih tinggi diatas dot matrix, namun justru dengan kelebihan yang dimilikinya tadi menyebabkan thermal printer banyak dipakai.

Penggunaan printer jenis thermal ini biasa digunakan pada ; pencetakan struk belanja, struk ATM, mesin Fax dan printer kartu nama. Adapun Merk printer yang menggunakan sistem ini diantaranya adalah Printer Epson, TM Series, Zebra, Panasonic, dll.

Keunggulan Printer Thermal

  • Simpel
  • Tidak berisik
  • Cepat
  • Tidak memerlukan perawatan khusus

Kelemahan

  • Memerlukan kertas khusus
  • Boros ribbon film
  • Sparepart jarang dipasaran
  • Hanya mampu untuk kertas ukuran tertentu tidak terlalu besar

Bagaimana sob? Sekarang sudah paham apa saja macam-macam printer kan? Demikian artikel mengenai macam-macam printer dan cara kerjanya. Semoga macam-macam printer dan cara kerjanya diatas bisa menambah wawasanmu. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.